Cara Membuat dan Merawat Bonsai Beringin di Dalam Pot Kecil Yang Mudah

CaraMenanam- Bonsai merupakan seni mengkerdilkan tanaman yang pertama kali muncul di China pada dinasti Tsin dan Tang yang saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga sudah tidak dapat lagi terhitung jumlah tanaman ataupun pohon yang sudha di buat menjadi bonsai.

Cara Membuat dan Merawat Bonsai Beringin di Dalam Pot Kecil Yang Mudah

Salah satu jenis bonsai yang bisa ditanaman diperkarangan rumah adalah bonsai beringin.

Bonsai beringin merupakan bonsai yang dibuat dengan menggunakan pohon beringin yang jika tumbuh dialam bebas akan memiliki ukuran yang besar.


Karena pohon beringin mudah untuk ditanam sehingga memudahkan untuk dijadikan tanaman hias bonsai.

Bonsai beringin memiliki karakteristik sebagai tanaman yang memiliki daun kecil yang rimbun dan tidak mudah mati sehingga memudahkan dalam pembuatannya menjadi tanaman hias bonsai.

Cara membuat dan merawat bonsai beringin

Untuk membuat bonsai beringin kamu perlu untuk mempersiapkan beberapa alat dan bahan yang bisa dipersiapkan terlebih dahulu.

1. Alat dan bahan

Alat dan bahan yang dihunakan pada pembuatan bonsai beringin adalah pohon beringin yang masih sehat dan tidak memiliki penyakit serta memiliki pola yang bagus sehingga memudahkan dalam pembuatan bonsai beringin.

Dan alat yang digunakan adalah pot bunga untuk media tanam yang disarankan berukuran besar agar dapat menampung berat pohon bonsai beringin nanti.

Lalu persiapakan juga kawat stainless steel dan gunting tanaman untuk pembuatan pola bonsai beringin.

2. Persiapan media tanam

Media tanam untuk bonsai beringin dapat berupa tanah yang sudah dicampur dengan pupuk organik agar dapat memberikan nutrisi pada tanaman bonsai dengan cukup.

Dan campurkan juga dengan pasir dan batu-batu kerikil kecil untuk permukaan media tanam agar dapat mempercantik tampilan bonsai.

3. Pembentukan pola bonsai beringin

Pembentukan pola pada batang pohon bonsai beringin menggunakan kawat stainless steel sesuai dengan keinginan anda.

Pembentukan pola bonsai adalah dengan memililitkan kawat dari pangkal hingga ujung dahan sehingga dapat dibentuk polanya.

Pastikan perlakuan ini dilakukan dengan hati-hati agar tidak mematahkan dahan dan juga kawat agar proses pembentukan nya bisa berjalan dengan mudah.

4. Perawatan bonsai beringin

Proses perawatan bonsai beringin dapat dilakukan dengan cukup mudah karena perlakuan yang diperlukan tidaklah sulit dan merupakan perlakukan standar untuk bonsai pada umumnya.

Yaitu dengan melakukan pemupukan, penyiraman, pemangkasan dan penyiangan yang dilakuakn dengan bertahap.

Lakukan pemupukan untuk pohon bonsai beringin dengan menambahkan pupuk organik yang dicampur dengan air untuk kebutuhan nutrisinya.

Penyiramana dilakukan setiap hari dan rutin untuk menjaga agar kebutuhan mineral pohon bonsai beringin tercukupi.

Pemangkasan dilakukan pada daun yang tumbuh dan penyiangan dilakukan jika ada rumput liar yang tumbuh disekitaran area bonsai beringin.

5. Pembukaan kawat

Jika pola yang dibuat dnegan menggunakan kawat sudah tenggelam oleh batang maka perlu untuk melepaskan kawat pada batang bonsai pohon beringin.

Ini dilakukan agar tidak merusak struktur batang pada bonsai beringin.

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk membuat dan merawat bonsai pohon beringin dengan mudah hanya menggunakan pot kecil yang ada dirumah.
 
Semoga artikel ini bisa membantu kamu.
Link copied to clipboard.