Aquaponik, Definisi dan Teknik Bercocok Tanam Sederhana Yang Mudah

Caramenanam- Aquaponik merupakan sistem atau metode bercocok tanam yang menggabungkan budidaya tanaman dan hewan secara besamaan.

Paling mudahnya adalah dengan memelihara ikan dan juga tanaman seperti sayur sawi atau kangkung yang cukup mudah untuk dipraktekan dirumah.

Sehingga nutrisi untuk pertumbuhan tumbuhan pada metode ini didapatkan dari ikan yang ada pada air yang digunakan.

Untuk contoh atau gambaran dari sistem Aquaponik ini adalah sebagai berikut.

Aquaponik, Definisi dan Teknik Bercocok Tanam Sederhana Yang Mudah
Ini merupakan sistem dari aquaponik yang bisa dibilang sih sebagai versi upgrade dari sistem bercocok tanam hidroponik yang masih memiliki kelemahan pada kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Sistem ini bisa dan cocok sekali untuk diterapkan pada perkarangan rumah karena tidak memerlukan lahan yang luas untuk membuat tempat aquaponik.


Sistem aquaponik juga dapat menghasilkan keuntungan yang berlipat karena dapat menjual sayuran dan ikan dalam satu waktu.

Perbedaan aquaponik dan hidroponik

Adapun perbedaan dari kedua sistem bercocok tanam ini adalah pada pemberian nutrisi pada tanaman yang sedang dibudidayakan.

Pada sistem hidroponik anda memerlukan nutrisi yang didapatkan dari luar seperti obat dan pupuk organik agar pertumbuhan tanaman dapat cepat.

Sedangkan pada sistem aquaponik anda tidak lagi perlu untuk memberikan nutrisi tambahan karena sudah didapatkan secara alami dari air kolam ikan yang menghasilkan pupuk organik yang berasal dari kotorannya.

Lalu pada bagian perawatan yang memerlukan perawatan ekstra dari sistem aquaponik karena harus memperhatikan tanaman dan ikan yang ada.


Sedangkan pada sistem hidroponik anda perlu memperhatikan nutrisi yang diberikan agar dapat menghasilkan panen yang maksimal dan juga kebersihan air yang perlu untuk dijaga dengan baik.

Adapun sistem aquaponik dan hidroponik ini memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing.

Sehingga anda perlu untuk merencanakan terlebih dahulu sebelum memiliki untuk menggunakan metode apa yang akan digunakan, terlebih anda ingin mendapatkan penghasilan dari bercocok tanam.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu.
Link copied to clipboard.