Cara Menanam dan Merawat Bonsai Serut Akar Terbalik Dengan Mudah

CaraMenanam- Konsep ini adalah untuk mengekspose keindahan bentuk akar yang unik. Biasanya pembonsai mengekspos akar karena batang utama dari bahan bonsai kurang bagus untuk di perlihatkan. 

Tak terkecuali bonsai serut.
 
Jika kamu ingin membuat bonsai serut akar terbalik kamu bisa memperhatikan cara yang sudah kami terapkan dibawah ini.

Cara menanam bonsai serut akar terbalik

Setelah kita menemukan bahan bonsai serut yang bagus dengan karakteristik yang unik di alam, kita potong bahan serut sesuai kebutuhan. 

Setelah itu cuci bahan bonsai serut dengan air agar sisa tanah . Bila perlu kita bisa menyikatnya menggunakan sikat gigi untuk menghilangkan kotoran dan jamur yang sulit lepas oleh air. 

Tujuan dari cara ini adalah agar bahan terbebas dari jamur yang menempel pada batang yang dapat menghambat pertumbuhan tunas dan akar.

Untuk cara menanamnya itu seperti ketika kita menanam seperti biasa tinggal di isi media tanam secukupnya. Bedanya cuma posisi pohonya saja yang di balik batang yang di potong yang di tanam media tanah, akarnya yang di ekspos agar tumbuh tunas baru.

Agar teknik tanam terbalik ini bisa cepat tumbuh maka sebaiknya kita gunakan media tanam pasir malang atau pasir biasa. Dan juga jangan terlalu sering disiram agar batang yang ditanam tidak mudah busuk.

Penyiraman dilakukan 2 hari sekali saja sudah cukup karena media pasir ini mampu menjaga kelembapan dan menyimpan cadangan air. 

Kalau sering disiram media tanam terlalu basah dan tidak baik untuk pertumbuhn akar.

Setelah itu usahakan untuk kita beri sungkup dengan menggunakan plastik bening yang berukuran cukup besar agar seluruh bagian tanaman mulai dari bagian atas hingga media tanam bisa tersungkup rapat. 

Cara Menanam Bonsai Serut Akar Terbalik Dengan Mudah

Tujuan dari sungkup plastik ini adalah untuk menjaga kelembaban didalam plastik agar tanaman tidak mengering dan mati. Buka sungkup hanya pada waktu penyiraman saja agar kelembaban dan sirkulasi udara terjaga.

Setelah sekitar satu bulan atau lebih maka akar yang kita biarkan tersebut akan mulai tumbuh tunas baru. 

Apabila sudah seperti ini maka jangan terlalu cepat membuka sungkupnya. Karena pada saat ini pertumbuhan tunas bisa terjadi karena sisa kambium yang ada di batang nasih tersedia dan cukup sehingga tunas bisa tumbuh. 

Dan perlu kita ketahui bahwa pada saat itu akarnya belum tumbuh.

Cara Menanam Bonsai Serut Akar Terbalik Dengan Mudah

Jadi usahakan jangan terlalu cepat membuka sungkup plastik. Pastikan dulu sampai pertumbuhan tunas benar-benar subur dan baik. 

Kita bisa membuka sungkup setelah tumbuh cabang baru yang cukup banyak pada tunas-tunas yang tumbuh. 

Biasanya jika cabangnya sudah banyak itu tandanya akarnya sudah tumbuh meskipun belum terlalu banyak.

Setelah buka sungkup pun kita tidak boleh asal-asalan menaruh bonsai serut akar terbalik ini disembarang tempat. 

Sebaiknya kita tempatkan bonsai serut pada tempat yang redup. 

Supaya bonsai dapat beradaptasi dengan suhu yang ada.

Itulah cara menanam bonsai serut akar terbalik dengan mudah untuk dipraktekan dirumah.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu.
Link copied to clipboard.