Bonsai Pohon Sisir di Alam Liar Yang Indah dan Mudah di Jumpai

Pohon sisir merupakan salah satu jenis bahan bonsai yang memiliki peminat sampai sekarang. 

Tanaman ini banyak tumbuh liar di Indonesia. Pohon ini masih sangat mudah di jumpai. 

Ciri-cirinya sangat mudah dibedakan dengan pohon lain. 

Ada 2 jenis daun sisir,yaitu berdaun bulat dan lonjong/meruncing. 


Sisir dengan daun bulat adalah pohon sisir betina,daunnya lebih mengkilap dan tebal, sedangkan berdaun lonjong dikenal sebagai sisir yang jantan.

Bonsai Pohon Sisir di Alam Liar Yang Indah dan Mudah di Jumpai

Pohon sisir bagus di jadikan bonsai

Pohon sisir dengan karakter batang yang keras dan terkesan tua sangat bagus di jadikan bonsai. Para pencinta bonsai banyak memburu tanaman sisir untuk di jadikan bonsai juara. jenis daun yang rapat juga menjadi salah satu kelebihan tersendiri pada saat pruning dan proses penyusunan pola perantingan dan daun. Sedangkan batangnya yang berduri tidak mengurangi keindahan ketika di buat bonsai.

Para pencinta bonsai pasti mengenal pohon ini. pohon yang sering kita jumpai di perkarangn rumah ataupun di hutan dan semak-semak. sebelum di minati sebgai bahan bonsai pohon sisir di anggap pohon yang liar yang tidak ada nilai estetika dan ekonomis.

Media tanam bonsai sisir

Untuk media tanam bonsai sama dengan pohon lainnnya. menggunakan tanah berhumus dan memiliki unsur hara yang baik. untuk penanaman bahan sisir, dapat di gunakan polybag ataupun pot. 

Jangan di gunakan pot bonsai yang dangkal ketika penanaman awal, karena akan menghambat pertumbuhan akar. usahakan wadah yang digunakan untuk menanam berukuran cukup besar agar akar baru yang tumbuh dapat lebih leluasa tumbuh.

Menentukan pola bonsai sisir dan pengawatan

Penentuan pola bonsai sisir yang pertama adalah pemilihan bonggol atau[un batang yang bagus dan berkarakter tua. setelah itu mengikuti karakter batang dan akar. serta memilih dahan yang akan di jadikan percabangan utama selanjutnya penentuan perantingan dan daun.

Untuk pengawatan dilakukan setelah cabang sudah kuat. ketika warna kulit dahan berwarna kecoklatan. jangan memasang kawat ketika dahan masih muda, karena akan menyebabkan dahan patah.

Perawatan bonsai sisir

Perawatan bonsai sisir sama dengan bonsai lainnya. hanya saja bonsai sisir lebih subur pertumbuhnnya. sehingga dahan yang tidak sesuai pola harus di buang.

Untuk penyiraman 2 hari sekali. lakukan pemupukan dengan mencampurkan pada media tanah. yaitu tanah, pupuk kandang, pasir. untuk penggantian tanah di pot dilakukan 3 tahun sekali.
Tags:
Bonsai
Link copied to clipboard.