10 Jenis Bunga Keladi Beracun, Jauhkan Dari Anak-Anak Sekarang Juga

Caramenanam- Tanaman keladi memang menarik dan indah untuk di tanam sekitaran pekarangan rumah. tetapi siapa sangka ada jenis-jenis keladi yang beracun. 

Di sini ada 10 jenis keladi yang beracun, diantaranya:


1. Dieffenbachia



Dieffenbachia termasuk dalam jenis bunga keladi beracun yang harus Anda perhatikan.
Pasalnya, tanaman ini memiliki bentuk yang menarik sehingga bukan tak mungkin membuat binatang peliharaan di rumah merasa penasaran, lalu mendekat, atau bahkan memakannya.

Salah satu bagian tanaman ini memiliki kandungan kristal kalsium oksalat berbentuk jarum yang disebut raphides.

Jika bagian itu tertelan, dapat menyebabkan sejumlah gejala yang akan menimbulkan perasaan tidak nyaman.

2. Pothos


Bunga keladi beracun berikutnya adalah pothos, juga dikenal dengan sebutan Devils’ Ivy atau sirih gading.

Tanaman yang tumbuh dengan menggantung dan merambat ini sangat cocok untuk digunakan sebagai penghias ruangan indoor.

3. Caladium


Menurut beberapa ahli di Clear it Waste, ketika tanaman ini tertelan, efek samping yang akan muncul adalah terjadinya pembengkakan, sakit mata, diare dan muntah.

Hal itulah yang membuat caladium termasuk dalam jenis bunga keladi beracun. Meskipun memiliki corak yang indah, tetap hati-hati dalam meletakkan posisi tanaman ini.

4. Lidah Mertua


Jenis bunga keladi beracun lainnya adalah lidah mertua. Meski dipercaya dapat berguna sebagai pembersih udara alami, lidah mertua termasuk dalam tanaman tidak layak konsumsi.

Jadi, pastikan peletakan tanaman hias ini jauh dari jangkauan anak-anak dan peliharaan.

5. Hedera

Tubuh lemas, muntah, tenggorokan bengkak, dermatitis, ruam dan ataksia adalah beberapa gejala yang akan muncul ketika daun hedera tertelan. Maka dari itu, hedera termasuk dalam jenis bunga keladi yang harus diperhatikan.

Selain bentuknya yang indah dan memanjakan mata, hedera juga memiliki daun dengan bentuk runcing semburat putih yang semakin memberikan kesan estetika.

6. Peace lily


Sisi estetika tinggi membuat tanaman ini menjadi tanaman yang banyak dicari di Indonesia. Namun seperti tanaman dieffenbachia, peace lily juga didapati memiliki kandungan yang sama, yakni kalsium oksalat.

Oleh karena itu, penempatan lily pada sebuah ruangan memerlukan perhatian lebih.

7. Arrowhead


Kalau kamu pernah merawat tanaman arrowhead, pasti nggak asing lagi dengan tampilannya yang berbentuk hati. Tanaman ini cukup populer menjadi tanaman hias di rumah.

Namun saat merawatnya kamu perlu berhati-hati. Daun arrowhead memiliki getah yang bisa berbahaya jika tertelan.

8. English ivy


Tanaman dengan nama lain hedera ini menjadi salah satu tanaman yang juga terkenal di kalangan pencinta tanaman hias.

Tanaman dengan bentuk daun runcing ini memiliki kemampuan merambat pada pohon. Akan tetapi, english ivy akan menimbulkan gangguan pada kulit dan organ tubuh lainnya jika tertelan. Mulai dari muntah, tenggorokan bengkak, dermatitis, hingga ataksia.

9. Calla lilly


Calla lilly juga nggak kalah menggoda untuk dirawat. Warnanya yang segar dan cantik sering digunakan untuk mempercantik halaman, namun ada juga yang memilih merawat tanaman ini di area indoor.

Namun jangan lengah, calla lilly menyimpan kandungan kristal kalsium oksalat yang bisa menyebabkan nyeri dan bengkak jika tertelan manusia. Maka lebih bijaklah dalam memilih tempat menyimpannya ya.

10. Aaron caladium


Daun hijau gelap yang bercampur dengan semburan warna putih memang terlihat memesona.

Tak heran banyak yang tergoda untuk meletakkannya di dalam rumah sebagai bagian dari dekorasi ruangan. Namun, ia tetap jenis Caladium yang dikenal berbahaya bila tertelan.

Itulah jenis-jenis bunga keladi yang beracun dan harus dijauhkan dari anak-anak.
Link copied to clipboard.