Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Bunga Puring Dan Cara Merawatnya Agar Tumbuh Subur

Caramenanam.my.id- Apakah kamu pernah mendengar mengenai bunga puring? bunga yang banyak ditemui di kawasan tropis ini tersebut dari Asia tenggara hingga Asia Pasifik, dan di Indonesia tanaman ini sering dijumpai di dalam ruangan.
Bunga Puring

Bunga ini merupakan jenis tanaman hias yang memiliki warna daun yang memikat karena coraknya yang abstract dan perpaduan warna yang menjadi ciri khas pada tanaman ini.

Cara Menanam Bunga Puring Dan Cara Merawatnya Agar Subur

Selain karena warnanya yang bagus, banyak orang merawat bunga puring karena tanaman hias ini mudah untuk di rawat dan dapat memberikan kesan yang asri jika diletakan di dalam ruangan.

Beberapa varietas bunga puring juga memiliki bentuk yang unik karena bentuk daunnya yang mengkeriting hingga oval dan terdapat urat-urat yang berwarna cerah pada pinggirannya.

Bunga puring bisa mencapai tinggi hingga 5 meter di alam bebas dengan jenis akar merupakan akar serabut. sehingga untuk menanam dan merawat bunga ini terbilang cukup mudah.

Klasifikasi bunga puring masuk kedalam kingdom plantae dan divisi magnoliophyta. bunga puring ada di kelas rosopsida, ordo euphorbiales, keluarga euphorbiaceae, genus codiaenum dan spesies bernama codiaenuum variegatum.

Cara Menanam Bunga Puring

Bunga puring bisa dibudidayakan dengan beberapa metode, salah satunya adalah dengan menggunakan steak dan bisa juga menggunakan cara di cangkok.

Untuk pemilihan cara menanamnya, kamu bisa sesuaikan dengan keinginan kamu, karena beberapa orang menilai ada kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan cara steak dan cangkok pada tumbuhan.

Kamu juga bisa memilih untuk menanam di media tanah ataupun bisa menggunakan pot untuk menanam bunga puring, hal ini disesuaikan dengan kondisi area tempat tinggal kamu.

1. Memilih Bibit Berkualitas

Untuk mendapatkan bunga puring yang berkualitas dan bisa tumbuh dengan subur maka perlu menggunakan bibit yang berkualitas juga.

Cara untuk memilih dan melakukan pembibitan untuk bunga puring bisa dengan cara yang beragam. kamu bisa menggunakan cara steak batang dan bisa juga dengan mencangkok batang pohon puring.

Cara cangkok bunga puring

  • Pertama, pilihlah bunga puring yang memiliki batang yang sehat dan berkualitas baik. kamu bisa menggunakan indukan bunga puring yang sudah berusia tua.
  • Setelah mendapatkan batang pohon yang baik, lalu kerok batang bunga puring dengan menggunakan pisau atau alat lainnya hingga bersih dan batang pohon puring mengeluarkan lendir dan bersihkan lendir yang ada pada batang tersebut.
  • Siapkan tanah yang steril dan sabut kelapa untuk mempercepat proses pertumbuhan akar pada batang bunga puring dan tutup menggunakan plastik dengan ketat.
  • Siram cangkokan dengan menggunakan pupuk organik cair agar dapat merangsang pertumbuhan akar
  • Lakukan penyiraman dengan rutin agar proses cangkok berhasil
  • Proses cangkok biasanya membutuhkan waktu lebih kurang 3 minggu.
  • Setelah cangkok berhasil, potonglah batang bunga puring dengan menggunakan gergaji.

Cara steak bunga puring

  • Untuk mendapatkan bibit yang berkualitas baik, pilihlah bunga puring yang sehat.
  • Setelah itu, potong batang bunga puring menggunakan pisau atau bisa juga menggunakan gunting tanaman yang steril.
  • Celupkan batang yang dipotong tadi kedalam larutan pupuk organik cair agar dapat merangsang pertumbuhan akar pohon selama lebih kurang 30 menit.
  • Setelah itu, batang pohon sudah bisa untuk ditanam.

2. Menyiapkan Lahan Tanam

Untuk menyiapkan media tanam bunga puring, kamu perlu untuk membersihkan tanah yang akan digunakan dari gulma dan rumput-rumputan lainnya.

Setelah itu gemburkan tanah menggunakan cangkul agar terjadinya proses penyegaran pada tanah dan menghilangkan kerikil yang dapat menghambat pertumbuhan bunga puring yang akan ditanam.

Selanjutnya kamu bisa untuk menambahkan pupuk organik pada media tanah yang digunakan agar kondisi tanah menjadi sehat dan kaya dengan zat hara.

Biarkan tanah yang sudah digarap selama 2 minggu untuk merangsang humus hitam pada tanah.

Jika kamu menggunakan media tanam berupa pot, gunakan pot berukuran sedang dan siapkan tanah yang sudah dicampurkan dengan pupuk organik.

Pada tahap terakhir, siapkan lubang untuk tempat menanam bunga puring.

3. Melakukan Penanaman

Proses selanjutnya adalah melakukan penanaman bunga puring dengan menggunakan bibit yang sehat.

Bibit bunga puring yang sudah ada di tanam ke dalam media tanah yang ada atau bisa juga menggunakan pot.

Masukan bibit kedalam lubang yang sudah ada, dan tutup hingga batang bibit terbenam. selanjutnya adalah proses penyiraman dan letakan pada tempat yang dapat terkena sinar matahari dengan maksimal.

Cara Merawat Bunga Puring Agar Subur

Perawatan bunga puring tergolong mudah untuk dilakukan, pastikan asupan pupuk dengan rentang waktu 3 bulan sekali. kamu bisa menggunakan pupuk organik untuk bunga puring.

Selain itu, pastikan tidak ada gulma pada area bunga puring karena dikhawatirkan dapat mengganggu pertumbuhan bunga puring.

Penyiraman juga harus dilakukan secara rutin agar pertumbuhan bunga puring berjalan dengan baik.

Itulah cara menanam bunga puring dan cara merawatnya agar tumbuh subur dan sehat.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu.

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Bunga Puring Dan Cara Merawatnya Agar Tumbuh Subur"